Ihh...Mengerikan Banyak Bakteri Menempel di Alat Fitnes

Senin, 31 Juli 2017 - 09:18 WIB
Ihh...Mengerikan Banyak...
Ihh...Mengerikan Banyak Bakteri Menempel di Alat Fitnes
A A A
JAKARTA - Sebuah situs yang mereview tentang alat-alat fitness, FitRated.com menemukan bakteri dari 27 unit alat fitness yang berada di tiga pusat kebugaran tubuh. Tak tanggung-tanggung, bakteri yang ditemukan pun mencapai 1,1 juta CFU per meter persegi.

Dilansir dari Reader's Digest, jumlah ini lebih banyak dibandingkan dengan bakteri yang ada di toilet sekolah dasar. Bakteri pun paling banyak berada di treadmill dan sepeda stasioner dengan jumlah bakteri sekitar 7.752 lebih banyak dibandingkan toilet duduk di rumah.

Sedangkan, jumlah bakteri yang terkandung dalam toilet duduk di rumah, diungkapkan The National Sanitation terdapat sejumlah 172 CFU per meter persegi. Kendati demikian, menyentuh benda mengandung bakteri tak langsung membuat Anda sakit. Hal ini berkat adanya beberapa bakteri yang tidak berbahaya.

Namun dalam survei yang dilakukan FitRated.com menemukan sebanyak 70% bakteri yang ada di peralatan fitness berpotensi memicu masalah kesehatan. Agar terhindar dari paparan bakteri pada peralatan fitness, pastikan mengelapnya terlebih dahulu dan usahakan tidak menyeka keringat pada kening dengan tangan.

“Cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk terhindar dari bakteri adalah mencuci tangan Anda terlebih dahulu sebelum menyeka keringat dan makan setelah selesai berolahraga,” papar Kelly Reynolds, ahli mikrobiologi dan profesor di Zuckerman College of Public Health di Arizona.

Alternatif lainnya adalah dengan langsung mencuci pakaian yang Anda gunakan saat berolahraga. Pasalnya, pakaian yang digunakan basah oleh keringat dan berpotensi menyebabkan bakteri menempel. Dengan cara ini, Anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1118 seconds (0.1#10.140)